Terbagi Dua Sesi, Wisuda UINSA Ke-80 Diharapkan Lebih Khidmat

Berita Kampus

Solidaritas-uinsa.org—UINSA Surabaya akan kembali mencetak wisudawan pada 19 Agustus 2017 mendatang. Sesuai surat edaran Rektor UINSA tertanggal 14 Juli 2017, Wisuda Ke-80 Semester Genap Periode II Tahun Akademik 2016/2017 akan dilaksanakan di Gedung Sport Center (SC) UINSA Surabaya. Wisuda kali ini UINSA akan meluluskan sebanyak 957 wisudawan Program Sarjana, 160 wisudawan Program Magister, dan 15 wisudawan Program Doktor, dengan total kesuluruhan 1.132 wisudawan.

Perhelatan wisuda ke-80 yang diketuai Wakil Rektor (Warek) 1, Syamsul Huda, memiliki konsep berbeda dari wisuda sebelumnya. Konsep acara dibagi menjadi dua sesi. “Sesi pagi dan siang. Estimasinya jam 08.00 WIB tepat sudah dimulai dan jam 10.30 WIB sudah selesai untuk sesi pertama. Jeda waktu satu jam setengah untuk membersihkan tempat. Kemudian dilanjutkan sesi kedua jam 12.00 WIB,” jelas Rijalul Faqih, Kepala Bagian (Kabag) Akademik UINSA, saat ditemui Solidaritas di kantornya (14/8).

Improvisasi konsep baru ini sebagai wujud evaluasi wisuda lalu (ke-78, Red) yang kurang kondusif dengan adanya sejumlah komplain dari berbagai pihak. Mengingat saat wisuda tersebut banyak wali wisudawan yang kecewa karena tidak bisa masuk ke gedung untuk menikmati acara wisuda. Wali wisudawan hanya bisa duduk di bawah tarup yang disediakan panitia di luar gedung, karena kapasitas gedung tidak bisa menampung seluruh wali wisudawan.

Berdasarkan penuturan Rijal, konsep dua sesi ini mempertimbangkan Gedung SC yang berkapasitas maksimal 750 orang, dengan estimasi dua wali pendamping wisudawan, sehingga nantinya suasana acara wisuda jadi lebih khidmat. Selain pembagian dua sesi, pemberian penghargaan kepada mahasiswa yang memperoleh  prestasi akademik dan non akademik juga akan dipisah. Prestasi akademik dahulu, kemudian baru non akademik. Perihal SK mengenai mahasiswa berprestasi belum bisa terbit, dikarenakan masih menunggu laporan dari masing-masing fakultas.

Beberapa konsep di atas masih berupa rencana panitia wisuda. Menurut Rijal masih memungkinkan ada perubahan di rapat terakhir yang akan dilaksanakan 16 Agustus 2017 mendatang. Baru kemudian diterbitkan press release di website resmi UINSA pada 18 Agustus 2017. “Ya, memang Humas biasanya menerbitkan press release H-1 acara. Masih menunggu Pak Rektor kembali dari Kazakhstan 16 Agustus nanti,” pungkas Nur Hayati, Humas UINSA, di kantornya (14/8). (ard/dee)

Dokumentasi foto diambil saat Wisuda ke-78 di Auditorium UINSA.

 

Comments

comments

Leave a Reply