Sebut 5 Nama, Prof. Abd A’la Tidak Mencalonkan Diri Lagi

Berita Kampus

Solidaritas-uinsa.org—Menjelang akhir kepemimpinan Rektor UINSA Prof. Abd. A’la yang akan selesai pada April 2018 nanti, persiapan sistematika pergantian Rektor UINSA akan dimulai Desember 2017.

Ketika Solidaritas menemui Prof A’la di kantornya Senin (12/6), dirinya mengemukakan jika tidak akan berpartisipasi mencalonkan diri menjadi Rektor UINSA periode 2017-2022. “Saya tidak akan ikut lagi, tahun depan saya sudah berusia 60 lebih,” jelasnya sembari tersenyum. Dirinya lantas menjelaskan tentang Peraturan Menteri Agama (PMA) No.68 2015 jika calon rektor harus berusia maksimal 60.

Prof. Abd A’la mengatakan jika UINSA banyak orang, secara kualifikasi, berhak maju dalam kompetisi pergantian Rektor UINSA nanti. Nama-nama tersebut adalah:

  • Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA, Ph.D (Guru Besar Bidang Ilmu Sosial)
  • Prof. Dr. H. Idri, M. Ag (Guru Besar Bidang Ilmu Hadis)
  • Prof. Dr. H. Abu Azam Al Hadi, M.Ag (Guru Besar Bidang Ilmu Hadis)
  • Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad.Dip.SEA,M.Phil, Ph.D (Guru Besar Bidang Sosiologi)
  • Prof. Dr.H. Aswadi, M.Ag (Guru Besar Bidang Tafsir)

“Pak Masdar, Pak Idri, Pak Azam, Pak Zaki , Pak Aswadi,” terang A’la. Dirinya mengatakan jika 5 nama tersebut disarankan ikut pencalonan. Tantangan Rektor UINSA selanjutnya adalah untuk mengembangkan terus UINSA, menyeimbangkan ilmu agama dan umum. ”Kita ingat bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima, ini hasil teknologi canggih, seperti kedokteran ada kloning, karena hal tersebut tanpa ilmu ke-Islam-an akan menjadi bumerang, itu yang perlu ditekankan,” ia menjelaskan.

Salah satu mahasiswa UINSA, Deasy Meirendah C, mengharapkan Rektor UINSA nantinya tidak hanya peduli dengan tampilan fisik kampus, namun juga yang peduli dengan kualitas-kualitas calon lulusannya. “Yang bisa melakukan perubahan UIN dibidang intelektual maupun moral. Karena mahasiswa kampus itu cerminan dari para dosen dan atasan kampus mereka,” tutur mahasiswa Psikologi UINSA semeseter 4. (Iqb/Mzn)

Comments

comments

Leave a Reply