Tentang LPM Solidaritas

LPM Solidaritas UIN Sunan Ampel Surabaya adalah Lembaga Pers Mahasiswa yang lahir dari kancah idealisme mahasiswa untuk mencapai dan mewujudkan dinamisasi alam intelektualisme di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, guna mewujudkan masyarakat yang berkeadilan. LPM Solidaritas lahir untuk mengakomodasi, memberi ruang dan wahana yang bertujuan untuk menyalurkan aspirasi dan kreasi mahasiswa dengan relevansi terhadap interdisipliner keilmuan yang ada.

LPM Solidaritas UIN Sunan Ampel Surabaya. Berlokasi di UIN Sunan Ampel Jalan Ahmad Yani 117 Surabaya 60237. LPM Solidaritas didirikan pada tanggal 31 Januari 2001 di Surabaya, sedangkan proses penerbitannya sudah mulai sejak tanggal 24 April 1991.

Visi dari LPM Solidaritas adalah sebagai garda depan perubahan. Dan Misinya antara lain : Mendorong terbentuknya masyarakat kritis dan transformtif, Melakukan pembelaan pada kaum tertindas, Melakukan fungsi kontrol bagi terbentuknya sistem yang demokratis

Lambang dari logo LPM Solidaritas adalah : Bola Dunia berwarna biru melambangkan keluasan cakrawala dalam wawasan, Tangan kanan terkepal berwarna merah melambangkan perjuangan dan perlawanan terhadap segala bentuk penindasan dan ketidakadilan, Ujung pena berwarna merah melambangkan perjuangan media. LPM Solidaritas berstatus yang independen dalam penerbitannya dan sebagai lembaga intra kampus di bawah naungan UIN Sunan Ampel Surabaya

Wilayah Gerak LPM Solidaritas di kampus adalah : Penerbitan Tabloid Solidaritas, Penerbitan Koran Beranda, Penerbitan Buletin Coret, Pelatihan Jurnalistik, Kajian ilmiah dan lain-lain.

Mars LPM Solidaritas UINSA
Ciptaan : M. Nuril Huda
Kami berjuang bukan dengan senjata
Kami berjuang bukan dengan bicara
Bukan dengan senapan, bukan dengan kekuasaan
Kami berjuang dengan pena
Bersatu tegakkan demokrasi
Tuk melepaskan belenggu di tangan
Hilangkan penindasan
Musnahkan kecurangan
Kita raih kebebasan
Bridge
Solidaritas suara hati mahasiswa
Solidaritas berjuang untuk kita semua
Reffrain
Bila mulutmu dibungkam
Bicaralah dengan pena
Berjuang tak kenal menyerah
Hilang satu tumbuh sejuta meraih kemenangan
Kembali ke bridge dan refrain