HMP KPI: Memilih Efektif dengan Alat Elektronik

Berita Kampus

Solidaritas-uinsa.org – Pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) digelar agak berbeda daripada pemilihan pada umumnya, yaitu dengan mengadopsi pemilihan era modernisasi (27/03).

Terdapat lima tempat untuk pemilihan Ketua HMP KPI. Tiga di antaranya untuk pemungutan suara, satu tempat mengisi absensi, dan yang terakhir perhitungan hasil suara otomatis. “Mahasiswa yang hendak memilih calon Ketua HMP, terlebih dahulu mendaftar ke sekretariat yang telah disediakan oleh tim KPU,” ungkap Ramadhani Farid Akbar selaku ketua panitia pemilihan Ketua HMP KPI.

“Lalu, mahasiswa bisa memilih calon Ketua HMP melalui laptop yang sudah terhubung melalui jaringan internet dengan cara log in NIM serta password seperti ketika waktu mahasiswa mengisi Siakad,” lanjutnya saat ditemui di Aula FDK kemarin (27/03).

Mahasiswa semester 4 prodi KPI tersebut memaparkan dengan model pemilihan seperti ini, mahasiswa tidak terlalu direpotkan  dengan system yang ada pada pencoblosan biasanya. Menggunakan alat pemilihan elektronik tentunya lebih efisien, karena perolehan hasil suara langsung bisa dilihat oleh mahasiswa.

Akan tetapi, ada kendala yang dikhawatirkan oleh ketua tim pelaksana, yaitu kendala pada koneksi yang ada pada alat yang sudah dipasang. Karena jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan membuat alat ini restart ulang dan tentunya data yang sudah masuk harus memulai ulang pencoblosan. “Alhamdulillah, sejak pertama dilakukannya pemilihan suara ini, belum terjadi kendala apapun,” pungkasnya pada Kru Solidaritas.

Dalam pemilihan tersebut, Hilmi terpilih sebagai ketua HMP KPI dengan mendapatkan suara tertinggi yakni 151 suara, menyisihkan saingan terdekat Fatimatuz Zuhro dengan 21 suara, dan disusul Fitri Rahmawati dengan 9 suara. Selanjutnya, Hilmi akan dilantik secara definitif oleh kepengurusan sebelumnya dan membentuk kepengurusan baru sesuai hasil musyawarah. (HSL)

Comments

comments

Leave a Reply