9 Bulan Jelang Pergantian Rektor, Prof. Abd A’la Harap Suasana Tetap Tenang

Berita Kampus

Solidaritas-uinsa.org— Setelah resmi Rektor UINSA, Abd. A’la dilantik pada April 2014 lalu oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali, kini masa kepemimpinannya terhitung tinggal 9 bulan lagi.

Ketika ditemui Solidaritas di kantornya Senin (12/6), A’la panggilan akrab Rektor UINSA menuturkan jika masa kepemimpinannya akan berakhir 29 April 2018 nanti. Dirinya menjelaskan tentang Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 68 2015, peraturan tersebut menjelaskan akan ada penjaringan bakal calon rektor oleh panitia penjaringan yang dibentuk oleh rektor yang masih menjabat. ”Nanti saya akan bentuk panitia penjaringan bulan Desember 2017, Januari 2018 sudah masa penjaringan,” tutur rektor asal Sumenep ini.

Penjaringan rektor baru ini—dikoordinir panitia yang telah dibentuk—akan mengacu dengan persyaratan bakal calon. Persyaratan tersebut sudah dimuat dalam pasal 3 poin a dan b PMA No. 68 2015. Setelah penjaringan tersebut, bakal calon rektor akan dipertimbangkan dalam rapat Senat UINSA secara tertutup. Setelah itu, dalam pasal 5 poin 3, hasil penjaringan yang sudah dipertimbangkan dalam rapat Senat akan disampaikan ke Menteri Agama oleh rektor yang masih menjabat untuk dipilih. “Setelah penjaringan, bakal calon akan dipertimbangkan secara kualitatif dalam rapat Senat tertutup, nanti akan ada 3 calon dari UINSA (untuk diajukan ke menteri, Red),” imbuhnya.

Dirinya menginginkan suasana tetap tenang dan berlangsung alami. Ia harap nanti semua pihak tetap bisa menjunjung tinggi nilai pendidikan serta akhlak untuk menghadapi pergantian pucuk tertinggi kampus UINSA. “Ini lembaga akademik, harus ada nilai-nilai pendidikan dan menjunjung akhlak, jangan ada perebutan kursi rektor tanpa ada nilai-nilai akhlak,” tambahnya. Ia juga menjelaskan jika siapapun yang akan menggantikan posisinya sebagai rektor nanti harus didukung oleh segenap elemen yang ada di UINSA.

Menyikapi pergantian Rektor UINSA tersebut, Anggik Meilani Putri, Mahasiswi Semester 4 Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), mengharap rektor pengganti bisa memperbaiki UINSA dari segi akademiknya. “Kualitas dosennya diprioritaskan agar tercipta mahasiswa yang berkompeten di bidangnya,” tuturnya. (Iqb/Mzn)

Comments

comments

One thought on “9 Bulan Jelang Pergantian Rektor, Prof. Abd A’la Harap Suasana Tetap Tenang

Leave a Reply